Selasa, 11 Februari 2020

Sumbang Saran dan Kritik, Begini Hasil Rapat Akademik FEBI


IAIN PAREPARE — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menggelar Rapat Akademik Tahun 2019/2020 Genap di Ruang Seminar Fakultas Febi, Selasa (11/02/2020).





Hadir dalam
pertemuan tersebut Wakil Dekan 1 Dr. Zainal said,  M. H,  Wakil Dekan 2 Drs. Moh yasin soumena,  M.Pd, Kasubag Akademik Abd. Hamid, S. Kom,
Ketua Program Studi, dan Dosen dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.





Diawali dari Wakil Dekan 1 Zainal Said melaporkan beberapa hal yang menyangkut masalah Akademik baik dari jumlah dosen maupun jumlah mahasiswa. Dalam laporannya menyebutkan jumlah Dosen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Febi 33 orang, Dosen Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) 15 orang, Dosen Luar Biasa 19 orang, total keseluruhan sebanyak 67 orang.





Untuk jumlah mahasiswa per Program Studi (Prodi) dari tahun 2014-2019 sebanyak 2.211 orang, ”Febi yang paling terbanyak, dimana sebelumnya dipegang oleh fakultas yang lain," ungkap Zainal Said.





Ia mengatakan, jumlah mahasiswa setiap Prodi juga bervariasi, seperti Perbankan Syariah sebanyak 892 orang, Ekonomi Syariah 445 orang, Manajemen Zakat dan Wakaf 163 orang, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah 241 orang, Manajemen Keuangan Syariah 216 orang, Akutansi Syariah 147 orang, Pariwisata Syariah 107 orang, dan jumlah keseluruhan rombongan belajar sebanyak 451 Rombel.









Selain itu
menurut Zainal Said, dalam proses evaluasi akademik tentu ada beberapa kendala
dan hambatan yang dilalui. Baik dari segi kedisiplinan dosen dalam mengajar,
kedisiplinan dalam penginputan nilai sesuai kelender akademik maupun dari sisi
sarana dan prasarana fakultas yang harus dibenahi. “Tentunya ada beberapa
kendala yang dihadapi, tapi Insya Allah sedikit demi sedikit kita akan benahi
semuanya,” tutupnya.





Hal senada juga disampaikan wakil Dekan 2 Moh yasin soumena  yang menangani terkait sarana dan prasarana fakultas. Menurutnya, FEBI harus jadi kiblat untuk fakultas yang lain. "Olehnya itu, sedikit demi sedikit kita akan benahi. Tapi sebelumnya kita akan mendengarkan masukan dari beberapa dosen dan kita akan eksekusi demi kepentingan lembaga kita bersama," paparnya.





Pertemuan
tersebut juga diwarnai dengan beberapa kritik dan saran dari beberapa dosen
baik dari sisi akademik maupun dari sisi fasilitas fakultas. “Silahkan semua
kritik dan sarannya ditumpahkan karena disinilah momenya kita mendengarkan
masukan dari dosen," ungkap Zainal said.





Dari pertemuan tersebut lahirlah beberapa ide dan inovasi yang sangat membangun untuk kemajuan fakultas ekonomi dan bisnis Islam kedepanya. Baik dari sisi akademik maupun dari sisi sarana dan prasarana fakultas, yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pimpinan. (*)





Penulis : Musmulyadi





Editor : Alfiansyah Anwar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar