Jumat, 31 Januari 2020

Harapan Kabiro AUAK; Seluruh Elemen Kampus Ambil Peran dalam Mensupport Peningkatan Peringkat Webometrics


Humas IAIN Parepare --- Peningkatan signifikan ranking IAIN Parepare pada Webometrics periode Desember 2019 memperoleh apresiasi positif dari Kepala Biro AUAK IAIN Parepare, Hj. Musyarrafah Amin.









Ditemui di ruangan kerjanya, Jumat, 31/01/2020, Hj. Musyarrafah Amin mengaku senang atas pencapaian tim pengelola website. "Meski terbilang jauh, tetapi peningkatannya yang signifikan menunjukkan ada progresivitas dan kinerja positif dari pengelola website selama ini. Tinggal perlu ditingkatkan lagi," katanya.





Hj. Musyarrafah Amin yang juga penanggung jawab Tim Pengelola Website mengharapkan peningkatan kinerja website. Tim harus progresif lagi menyediakan data dan informasi, baik yang bersifat data dinamis, seperti berita, konten grafis atau vedio. Mau pun data-data statis seperti data profil institusi dan pimpinan, data kepegawaian, data akademik, data kemahasiswaan, dan data lainnya.









"Saya juga berharap kepada seluruh sivitas akademika, khususnya dosen agar berpartisipasi dalam perbaikan peringkat di Webometrics. Teman-teman dosen dapat berpartisipasi dengan meng- upload hasil-hasil riset, jurnal dan karya ilmiah lainnya melalui website. Termasuk video pembelajaran, tutorial, dan dokumen pembelajaran lainnya," katanya.





Informasi yang dihimpun dari www.webometrics.info. Ada 4 indikator penilaian Webometrics, yaitu 1) Visibility. Data link visibility memiliki bobot 50% diperoleh dari dua penyedia informasi utama yaitu Majestic SEO dan ahrefs. Prosedur dalam visibility ini meliputi proses ekstraksi total jumlah external inlink (dikenal juga sebagai backlinks) serta jumlah total webdomain dimana link-link tersebut berasal (dikenal juga sebagai referring domains).





2) Presence. Total jumlah halaman web yang dimuat pada webdomain utama perguruan tinggi (termasuk seluruh subdomain dan direktori) sebagaimana yang terindeks oleh search engine komersil terbesar yaitu Google.





3) Opennes. Indikator yang menghitung total banyaknya file publikasi akademik yang terindeks pada Google Scholar, yaitu search engine akademik terbesar yang memiliki data lebih dari 160 juta catatan publikasi file akademik.





4) Excellence. Indikator ini menghitung jumlah total tulisan-tulisan ilmiah (scientific papers) yang terdaftar pada jurnal ilmiah internasional yang memiliki high impact. Kategori tulisan ilmiah perguruan tinggi yang dapat diperhitungkan dalam indikator ini adalah top 10% tulisan ilmiah yang paling banyak dikutip berdasarkan bidang ilmu dari penyedia data yang ditentukan, yaitu Scimago data.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar