Senin, 26 Agustus 2019

Pelaksanaan PBAK IAIN Parepare 2019 Menerapkan Konsep Ramah Lingkungan


HUMAS IAIN
Parepare---Ribuan mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
mengikuti pra PBAK di Auditorium IAIN Parepare, Senin (26/08). Rencananya, pembukaan
Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Parepare akan dilakukan besok, Selasa 27 Agustus 2019.





Para panitia mempersiapkan segala keperluan acara demi suksesnya pelaksanaan PBAK IAIN Parepare tahun 2019. Dalam pra PBAK ini, panitia mensosialisasikan segala aturan dan gambaran pelaksanaan kegiatan kepada peserta PBAK.





Ketua Panitia,
Iskandar mengungkapkan jumlah peserta PBAK untuk tahun ini mencapai 1.850
orang.





“Semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita mampu menjaga kebersamaan terutama para pendamping harus proaktif mendampingi kelompoknya," harapnya.





Iskandar juga mengingatkan kepada peserta agar memperhatikan mengisi daftar hadir (absen) selama kegiatan berlangsung. Hal ini dikarenakan, kegiatan PBAK merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti bagi seluruh mahasiswa IAIN Parepare.





“Jadi ada
kategori lulus, lulus bersyarat dan tidak lulus dan pemberian sanksi itu sanksi
edukatif” ucap Iskandar di depan ribuan peserta PBAK IAIN Parepare.





Wakil Rektor III IAIN Parepare sekaligus penanggungjawab kegiatan PBAK, Muhammad Saleh menegaskan tidak ada kekerasan atau perpoloncoan dalam PBAK sama seperti pada tahun sebelumnya. Namun, PBAK tahun ini memiliki perbedaan yakni pelaksaanan kegiatan PBAK yang lebih ramah lingkungan.





“Selama kegiatan di Auditorium ini bisa mengandalkan cahaya matahari, Insyaa Allah pagi dan sore tidak dibutuhkan lampu. Selain itu, PBAK tahun ini mengurangi penggunaan plastik. Kenapa? Karena perguruan tinggi IAIN Parepare harus peduli lingkungan, harus peduli kebersihan,” jelas Muhammad Saleh saat ditemui di lokasi pra PBAK.





Pelaksanaan PBAK IAIN Parepare akan dijadwalkan berlangsung hingga 30 Agustus 2019 dengan mengangkat tema Teguh dalam Kebanaran, Tegar dalam Perjuangan, Toleran dalam Beragama. Selama empat hari pelaksanaan, selain menghadirkan narasumber dari dalam kampus juga menghadirkan narasumber dari luar kampus seperti Prof. Dr. M. Arsykal Salim AP, M. Ag (Direktur PTKI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI),  Prof. Dr. Irfan Idris, M. Ag (Direktur Deredikalisasi BNPT Pusat dan Letkol Kav Ali Syahputra Siregar, SH., M.H (Komandan Kodim 1405 Mallusetasi). (hyn)





Baca Informasi terkait:





Kode Etik Mahasiswa IAIN Parepare





Buku Panduan PBAK 2019


Tidak ada komentar:

Posting Komentar