Senin, 17 Desember 2018

CPNS 2018: Ujian Psikotes diikuti Puluhan Peserta

IAIN Parepare----Sebanyak  47 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) satuan kerja (satker) IAIN Parepare mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di lantai 5 Aula Perpustakaan IAIN Parepare, Senin (17/12).

Hari pertama, para peserta mengikuti ujian tertulis psikotes yang langsung diawasi oleh pengawas dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Psikotes ini adalah salah satu bagian sub sistem dari sistem penerimaan CPNS.

“Semua yang telah lulus melalui Computer Assesment Test (CAT) itu dilanjutkan dengan mengikuti psikotes ini, salah satu ujian yang turut memberikan kontribusi atas kelulusan. Modelnya psikotes ini secara tertulis jadi soal semua distandarisir dari pusat, pemeriksaannya juga itu dilakukan di pusat,” jelas Ahmad Sultra Rustan, Ketua Panitia.

Lebih lanjut Ahmad menekankan tidak ada kewenangan dalam menentukan nilai peserta.

“Kami di sini sama sekali tidak memiliki kewenangan untuk menentukan nilai. Kami hanya sebagai pengelola ruangan saja di dalam kegiatan psikotes ini. Ada dari Kementerian Pusat yang turut mengawasi jalannya psikotes ini,” tambahnya.



47 orang peserta tersebut terdiri dari 2 kategori yakni unsur dosen dan tenaga administrasi. Dari unsur tenaga administrasi terbagi lagi yakni ahli komputer dan Humas (Hubungan Masyarakat).

Usai mengikuti tes psikotes, para peserta CPNS akan mengikuti tes wawancara dan praktik kerja pada hari berikutnya.

Salah satu peserta ujian, A. Tien Asmara Palintan mengungkap telah menyiapkan berbagai persiapan dalam mengikuti tes SKB ini.

“Saya persiapkan sesuai dengan arahan panitia. Melengkapi berkas  seperti kartu tes, KTP, portofolio dan kelengkapan administrasi   sebagai calon dosen dalam mengajar RPS, SAP,materi power point. Harapannya, semoga lulus dan bisa menebar manfaat untuk kota kelahiran tercinta melalui profesi Dosen di IAIN Parepare,” ungkapnya saat diwawancarai usai mengikuti ujian psikotes.

Foto: Nining Artianasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar